Farah Fadilla

Archive for November 14th, 2008|Daily archive page

buah (klo) jatoh, pasti ga jauh2 dari pohonnya

In what i've done on November 14, 2008 at 1:30 am

yapp gw emang terinspirasi dari peribahasa jaman dulu. hmm, sebenernya ini gara2 obrolan panjang x lebar x tinggi gw sm burung (bukannya gw ngbrl sm unggas, tmn gw sukses dipanggil burung karna namanya nuri). kmrn gw sm dia berbincang banyak deh soal “eh si ini mirip ya sm bokapnya”, trus “klo si ini tu nyokapnya banget”, dan percakapan lain semacam itu. nah, gw jd kepikiran buat ngebahas fenomena alam tersebut.


mungkin istilah “like father, like son” atau “like mother, like daughter” atau bahkan “ada gula ada semut” udh ga asing lagi buat kita. istilah2 di atas emang ngegambarin betapa anak pasti (sedikit banyak) mirip sm orangtuanya, entah dominan mirip bokap, nyokap atau perpaduan keduanya.


banyak cerita yang menggambarkan tentang fenomena tidak unik ini. dlu waktu SMP, guru biologi gw pernah bilang:

“kalau lagi hari pembagian rapot, saya biasanya bisa tahu ibu ini orangtuanya si B, bapak yg itu orangtuanya si G, dari gaya jalannya lho. kamu pernah merhatiin ga, klo gaya jalan seseorang itu biasanya sama kyk gaya jalan orangtuanya?”, kira-kira begitu penjelasan si guru-biologi-jaman-SMP.(eeeh klo ga salah namanya pak nuri! hmm, tp dia ga dipanggil pak burung siy).


oke, wooow. sejak saat itu ya, gw jd suka merhatiin gaya jalan orang. korban pertama tentu saja keluarga gw. meskipun ga dpt bukti autentik, tp (lagi2 sedikit banyak) perkataan guru gw itu bener. dan ternyata ga cm gaya jalan aja kok. gaya ngomong, gaya makan, gaya duduk, bahkan gaya melamun seseorang bs persis kyk gaya orangtuanya.


yaa klo mirip wajah dan bentuk badan, wajar lah yaa. itu kan sangat genetis klo menurut gw yg tidak terlalu paham ilmu biologi ini. hmm, gw jd suka wondering, klo yg mirip itu sifat, mgkn karna orangtua itu role model kita sejak lahir. mau gak mau, suka gak suka, pasti orangtua yg jd acuan kita. atau sifat kita terbentuk karna didikannya mereka. ada yg dididik keras, ada jg yg dididik gak keras. klo mnrt gw (dan burung), didikan orang tua ngaruh banget sm sifat dasar yg kita punya sekarang (yg abis itu si sifat dasar berkurang dan bertambah sesuai dg perubahan waktu dan berkembangnya pengaruh lingkungan selain keluarga).


beberapa sifat yang ‘terbaca’ dan ‘tercermin’ dari si anak, biasanya bikin kita bs mengira-ngira orangtuanya gmn. hebatnya lagi, kita bs tau gmn dia dididik dan dibesarkan waktu kecil dlu. misalnya, gw pnya tmn niy. kreatif deh si tmn gw ini, anggep aja namanya si P. idenya banyaak banget dan kadang2 gw suka takjub aja klo dia bisa bikin ini itu dr hal2 simple (yg dibikin jg simple siy, bukan bikin robot jg). nah stlh kenal lama dan berbincang ttg masa kecil, gw jd tau si P ini dlu wktu kecil emg maenannya tu yg (berbau) kreatif2 gt, susun-susun bikn-bikin rakit-rakit. woow, pantesan aja gedenya kreatif. dr dlu otaknya udh diasah buat bs do-it-yourself, kiddo.


sbnrnya msh banyak contoh2 lain ttg fenomena anak-bapak-sama-aja. yaa intinya sebagian yg ada di diri kita itu warisan dari orangtua kita. bahkan juga sifat dan gaya-gaya kita (gaya duduk, gaya jalan, gaya ngomong, gaya bebas, gaya punggung, dlldsbdstetc.). bakat juga, bakat gambar, bakat musik, bakat buat jd pinter, dan masih banyak lagi.


hehe gw jd kepikiran, gmn yaa ntar pas tiba giliran gw harus mendidik anak gw? yg pasti gw amat-sangat-banyak-sekali belajar dr cerita2 atau pengalaman2 orang di sekitar yg membuat gw sedikit punya bayangan tentang mengasuh anak. maybe some of you will think “hey dilla, your thoughts are too far” , but yes waktu berjalan sangat cepat. ga terasa tiba-tiba kita udah ada di fase menegangkan itu.


hmm like father like son

hmm like father like son

like mother, like daughter. sm2 cantik, sm2 artis terkenal.

like mother, like daughter. sm2 cantik, sm2 artis terkenal.

mgkn gw yg skrg jg adalah cerminan gmn orangtua gw dan gmn dlu mrk ngedidik gw. hm, kadang2 gw jg merasa bbrp cara gw menghadapi orang atau menyelesaikan masalah jg mirip sm cara mereka. dlu banget, pas tingkat dua, pak CEO Ant Company pernah komentar:

“ooooh nyokap lo dokter dan kdg2 suka ngasi pemeriksaan gratis gt buat yg ga mampu?hmm pantesan, brarti jiwa sosial lo nurun dr nyokap tu.”

weeew, mgkn ada bnrnya jg yaa. hmm, mgkn sadar atau ga sadar sbrnya kita sangat menjadikan orangtua kita sebagai role model atau panutan.

di film-film atau buku-buku, hal ini jg sering kok diperlihatkan, misalnya: green goblin dan anaknya (syp siy namanya? yauda sebut aja green goblin, jr), james potter dan harry potter, meredithnya grey’s anatomy dan ibunya, bahkan karla si anak kecil di sitkom suami-suami takut istri.

so, when you found that someone is a way much different with another, then maybe it because they came from different ‘source’ and also different surroundings. if you found that someone a bit annoying or even friendly, let’s look at ourselves. which one are we (from others’ point of view)?